Proposal Bisnis - Coding Dulu Boss

Latest

Coding Dulu Boss

Selamat berkreasi kawan...

Monday, November 5, 2018

Proposal Bisnis

BAKUL SANDANG
 “Anda Nyari, Gua Jual”

Bidang Usaha : Online Shop





Surakarta, 03 November 2018
Disusun Oleh :
 
 
                                        Nama        : Luxy Maulana
                                           NIM                    : B16006
                                            Alamat               : Jl. Kahuripan Timur No.16 Sumber
                                           No. Telp            : 089509132813
                                           Email                : Luxy.maulana22@gmail.com
                                            Facebook            : www.facebook.com/luxy.maulan.7



bakulsandang.000webhostapp.com
Codingduluboss.blogspot.com


I.    Ringkasan
1)    Nama Perusahaan            : Bakul Sandang
2)    Bidang Usaha                    : Online Shop
3)    Jenis Produk / Jasa            : Mobil, Motor, Suku Cadang, dll

II.    Deskripsi Perusahaan
a.    Visi Perusahaan
Visi dari usaha yang akan kami jalankan ialah “Menjadi penyedia produk-produk yang anda butuhkan yang memiliki harga kompetitif, layanan dapat diandalkan dan dipercaya, serta pengiriman cepat dan aman.
b.    Misi Perusahaan
Memudahkan pelanggan diseluruh Indonesia dalam mencari barang  dengan mudah dan cepat dengan menggunakan teknologi dari web dan internet serta memberikan layanan terbaik untuk pelanggan.
c.    Analisis Lingkungan Internal
SWOT Analisis
1.    Strength (Kekuatan)
Bakul Sandang memiliki kekuatan yang dapat dijadikan sebagai modalnya agar dapat bersaing dari para pesaingnya. Adapun kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh Bakul Sandang adalah sebagai berikut :
a)    Pelanggan tidak perlu repot-repot untuk pergi ketempat penjualan kami karena kami memasarkan produk kami melalui web.
b)    Konsumen bisa dengan mudah untuk melihat daftar-daftar barang yang telah disediakan melalui web.
c)    Harga barang yang kami tawarkan terjangkau sehingga tidak terlalu menguras dompet konsumen serta ada beberapa voucher dan promo untuk mengurangi harga produk yang mana mengurangi pengeluaran konsumen.
d)    Pengiriman barang cepat dan aman karena telah bekerjasama dengan penyedia jasa kirim (Kurir) yang terpercaya.

2.    Weakness (Kelemahan)
Selain memiliki kekuatan yang dapat dijadikan modalnya agar dapat bersaing, ini pun memiliki kelemahan yang dapat mempengaruhi kualitas pemberian produk kepada konsumennya. Adapun kelemahan tersebut adalah sebagai berikut :
a)    Sudah tersedianya kompetitor yang sudah muncul dahulu.
b)    Kami hanya menjual produk-produk yang berhubungan dengan otomotif.
d.    Analisis Lingkungan Eksternal
1.    Opportunity (Peluang)
Bakul Sandang ini memiliki peluang yang jika dimanfaatkan akan menguntungkan untuk pihak Bakul Sandang itu sendiri. Adapun peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Bakul Sandang adalah sebagai berikut :
a)    Bisa menjadi tujuan yang jelas bagi para pencari dan pecinta otomotif karena online shop ini lebih berfokus ke penjualan dibidang otomotif.
2.    Threat (Ancaman)
Selain peluang yang dimiliki oleh Bakul Sandang tersebut terdapat juga ancaman yang berasal dari pihak luar yang dapat menjatuhkan usaha ini jika tidak segera ditanggulangi. Adapun bentuk ancaman tersebut adalah sebagai berikut :
a)    Tersedianya barang-barang otomotif yang tersedia dalam daftar barang yang dijual di online shop sebelah.
b)    Serangan dari para hacker yang mencoba untuk merusak sistem ataupun mencari keuntungan pribadi yang dapat merugikan perusahaan.
III.    Implementasi Strategi E-Business
a.    Produk / Jasa
OnlineShop Bakul Sandang, yang kami tawarkan ialah produk-produk di bidang otomotif. Konsumen tidak perlu pergi ke toko kami karena konsumen bisa pesan langsung melalui web kami dan barang akan langsung dikirim ke rumah konsumen.
b.    Keunggulan dibandingkan Produk Lain
1.    OnlineShop terpercaya 100%.
2.    Jika barang rusak/tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan dan ditukar dengan barang yang sama.
3.    Pengiriman cepat karena barang akan langsung dikirim setelah proses pembayaran sudah dilakukan.
c.    Harga / tarif produk
1.    Harga barang 5% lebih murah dari onlineshop lain.
2.    Tarif pengiriman menyesuaikan lokasi barang yang dikirim dan dalam pembelian nominal tertentu konsumen tidak akan dikenakan biaya pengiriman alias gratis.
IV.    Pengendalian Strategi
a.    Resiko Usaha
1.    Pertumbuhan Ekonomi
Ketika pertumbuhan ekonomi membaik maka tingkat pendapatan masyarakat akan lebih membaik, sehingga keinginan untuk membeli produk yang berbeda dari yang sebelumnya akan menjadi meningkat, pengusaha diwajibkan selalu membuat inovasi untuk menarik perhatian pelanggan.
2.    Inflasi
Inflasi adalah peningkatan harga umum dari barang dan jasa dalam periode waktu tertentu. Inflasi dapat mempengaruhi biaya operasi perusahaan yang menghasilkan produk karena naiknya biaya barang pasokan dan bahan baku. Gaji juga dipengaruhi oleh inflasi. Tingkat inflasi yang lebih tinggi akan mengakibatkan lebih tingginya biaya operasi perusahaan. Akibatnya perusahaan akan menaikkan harga pokok penjualan. Naiknya harga biasanya diikuti dengan turunnya permintaan terhadap harga pokok tersebut. Berarti, trend  penjualan akan menurun.
b.    Mitigasi / Kelangsungan Bisnis
Ditinjau dari banyaknya pengguna transportasi pribadi di Indonesia, maka kebutuhan akan transportasi dan pelengkapnya sangat dibutuhkan bagi para konsumen. Disini adalah peluang bagi perusahaan kami untuk menjual produk-produk dibidang otomotif dan akan memiliki prospek usaha yang baik untuk kedepannya.
V.    Analisis Kelayakan Bisnis
a.    Pemasaran
-    Melalui promosi di media sosial.
-    Penjualan dilakukan melalui OnlineShop.
b.    Proyeksi Keuntungan
-

 
Download File :

No comments:

Post a Comment